Test Drive Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe: Ada Fitur Unik
Wahyu Hariantono | 18-Aug-2016
SERPONG (DP) – Atas undangan dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Dapurpacu.com berkesempatan menjajal produk terbaru Daihatsu Sigra yang menjadi pemain anyar di segmen MPV LCGC. Hadirnya Sigra menjadi lawan setimpal Datsun GO+ Panca.
Digelar hari Selasa (16/8) lalu, media test drive Sigra mengambil rute dari BSD City, Tangerang, menuju Sentul Selatan, Bogor, kemudian kembali lagi ke BSD City. Rute ini ditujukan untuk membuktikan ketangguhan dan kenyamanan MPV 7-penumpang tersebut.
10 unit Sigra tipe R Deluxe bermesin 1.200 cc disediakan, saya pun memilih duduk di kursi penumpang untuk mengawali perjalanan. Kesan pertama, adalah posisi duduk yang cukup tinggi dengan ruang kaki lega meski kursi belum dimundurkan untuk mendapat ruang lebih lapang.
Jadi Bagian Penumpang
Di awal perjalanan, kami dan tiga rekan lainnya mendapat giliran mencoba Sigra bertransmisi manual 5-percepatan. Tidak lama setelah start, langsung masuk ke jalan tol BSD, memungkinkan rombongan melaju dalam kecepatan tinggi.
Dari kursi penumpang bisa dirasakan kalau Sigra cukup stabil saat dipacu melebihi 80 km/jam. Sementara respon mesin dengan transmisi manualnya, rekan Octavianus Hariawan yang berada di balik kemudi mengatakan, “torsinya paling oke di gigi 1 dan 2, sisanya cuma melanjutkan momentum tenaga mesin.”
Duduk di kursi depan pun mendapat sedikit keistimewaan untuk mobil sekelas LCGC, yakni dengan adanya arm rest di antara kedua kursi, namun memakainya harus bergantian antara penumpang dan pengemudi karena bentuknya kecil.
Setelah pemberhentian pertama untuk makan siang di Sentul City, saya pindah duduk ke kursi baris kedua. Sekali lagi, di sini penumpang dimanjakan oleh ruang kaki lega, terlebih karena kursi baris kedua juga masih bisa dimundurkan posisinya.
Fitur Unik Pertama Daihatsu
Duduk di baris kedua, penumpang juga bisa menikmati penyejuk udara melalui fitur unik air circulator, yang walaupun hanya mengalirkan angin dari luar mobil tapi juga menghembuskan udara yang cukup dingin seperti AC double blower. Fitur air circulator ini juga yang pertama kali di dunia diterapkan oleh Daihatsu.
Saat duduk di baris kedua juga, perjalanan mulai menjumpai permukaan jalan yang bergelombang dan menanjak. Redaman suspensi ketika melintas jalan rusak masih terbilang nyaman, sementara ketika menanjak menuju Taman Wisata Alam Gunung Pancar, transmisi gigi 1 dan 2 paling ideal digunakan.
Sementara untuk kursi baris ketiga, memang bisa mengakomodasi penumpang dewasa, namun ketika saya menanyakan rekan Aditya Oka yang mencoba baris ketiga, dikatakan bahwa ruang kaki sangat terbatas. Bahkan saat baris kedua dimajukan, kaki masih ‘mentok’.
Posisi Pengendara
Perjalanan kembali ke BSD dari Sentul menjadi kesempatan kami berada di balik kemudi, namun kali ini berpindah ke Sigra R Deluxe transmisi otomatis. Posisi duduk yang tinggi lebih memberi rasa percaya diri di balik kemudi, mengingat dimensi mobil kecil.
Untuk transmisi otomatis 4-percepatan, ditambah pedal akselerator model throttle-by-wire, membuat respon mesin untuk akselerasi agak tertunda sepersekian detik. Pun begitu saat diajak menanjak, di mana pedal harus diinjak cukup dalam demi meraih torsi optimal, serta memicu transmisi berpindah ke gigi lebih rendah.
Respon serupa masih terasa saat melaju di jalan tol, jika merasa tidak nyaman menginjak gas dalam-dalam, tuas transmisi bisa dipindahkan dari D ke posisi 3 atau 2 untuk akselerasi optimal. Menurut kami, hal ini bisa dimaklumi mengingat Sigra memang dirancang sebagai mobil perkotaan.
Beruntung, hujan deras sempat turun di tengah perjalanan kembali, memberi kesempatan untuk menguji tingkat peredaman kabin Sigra. Rupanya konstruksi Sigra cukup baik, saat melaju hingga 80 kpj di tengah hujan, hanya suara terpaan hujan dari kaca depan, sementara dari atap nyaris tidak terdengar.
Dengan beberapa keunggulan yang dimilikinya dibanding Datsun GO+ Panca, Sigra yang menjadi ‘magnet’ kuat Daihatsu di GIIAS 2016 tentunya menjadi pilihan menarik baru bagi para keluarga muda, yang menginginkan mobil berkapasitas 7-penumpang dengan harga terjangkau.
Kualitas produksi dan jaringan penjualan serta purna jual Daihatsu yang luas di Indonesia juga menjadi nilai lebih memiliki Sigra, dijual dengan harga OTR mulai Rp 106,6 juta sampai dengan Rp 147,35 juta.[dp/Whr]